Nissan Livina adalah MPV kompak, diperkenalkan pada tanggal 6 Juli 2006 oleh Nissan Motors dan afiliasi Cina mereka, Dongfeng Nissan Penumpang Kendaraan Perusahaan di Guangzhou International Motor Show dan dijadwalkan untuk mulai dijual pada Desember 2006. Versi lima kursi dikenal sebagai Nissan Livina sementara versi tujuh kursi dikenal sebagai Geniss Nissan.
Hal ini didukung oleh mesin MR18DE Nissan, dan menurut Nissan, akan menjadi pertama mereka dalam garis kendaraan global baru, dan merupakan kendaraan Nissan pertama yang debut di Cina sebelum dibebaskan di negara lain.
Tubuh dasar versi lima kursi yang lebih pendek dari versi tujuh kursi. Ini tersedia dalam 1,6 Liter (1,5 Liter di Indonesia) dan 1,8 Liter mesin mirip dengan Nissan Latio.
Mobil itu diluncurkan di Indonesia pada tahun 2007 dengan hanya versi tujuh kursi dikenal sebagai Nissan Grand Livina, dengan versi lima kursi menyusul kemudian dikenal dengan Nissan Livina XR. Setahun kemudian pada Des 2007 diluncurkan di Malaysia dengan hanya versi tujuh kursi tersedia untuk 1.6L dan 1.8L mesin.
Nissan Grand Livina diperkenalkan di pasar Filipina pada Juli 2008. Dengan konfigurasi standar menjadi seater 7. Hal ini baik dikawinkan dengan manual 6-Speed atau 4-speed otomatis.
Pada tahun 2008, modifikasi Nissan Livina crossover yang disebut Nissan Livina X-Gear diperkenalkan di Indonesia.
Pada tahun 2009, Livina, Grand Livina dan Livina X-Gear mulai dibuat di São José dos Pinhais, Paraná, di Brazil, oleh Nissan. Versi dasar dan X-Gear menggunakan mesin 1,6 liter bersumber oleh Renault. Kedua versi dan Grand Livina menggunakan mesin 1,8-liter Nissan juga. Semua dari mereka adalah flex-bahan bakar.
MESIN
- MR16DDT
MR16DDT adalah 1,6 L (1618 cc) DIG-T (Injeksi Bensin Langsung Turbo bermuatan) mesin, bor adalah 79,7 mm (3.14 in) dan stroke 81,1 mm (3.19 in). Ini pertama kali diperkenalkan pada Nissan Juke kecil SUV pada musim gugur 2010. Output adalah 188 hp (140 kW) dan £ 177 · ft (240 N · m).
Beberapa fitur yang bersangkutan MR16DDT adalah:
Natrium diisi katup buang
Nano selesai camshaft
Beehive katup mata air
Katup twin kontrol waktu variabel (CVTCS pada intake dan exhaust katup)
Turbo Intercooler-diisi dan
Kompresi rasio 9.5:1
Efisiensi bahan bakar dan emisi CO
Ringan desain dan friksi berkurang
- MR18DE
MR18DE adalah versi 1,8 L (1798 cc), bore adalah 84,0 mm (3.31 in) dan stroke 81,1 mm (3.19 in). Ini menghasilkan 130 hp (97 kW).
Ini melengkapi Wingroad Nissan, Nissan Tiida dan Tiida Latio lineup pada pertengahan 2005. Mesin ini adalah satu-satunya tersedia dalam versi Amerika, Tiida, para hatchback Nissan Versa. Output adalah 122 hp (91 kW) pada 5500 rpm dan 174 N · m (128 £ · ft) pada 4800 rpm. Kemudian Amerika Utara Cube Nissan juga menggunakan mesin yang sama persis dari 2009 dan seterusnya.
Pada 6 Juli 2006 mesin ini juga dilengkapi dengan Nissan Livina Geniss untuk Cina versi dan Nissan Grand Livina untuk versi Indonesia dan Malaysia. Output adalah 126 hp (94 kW) pada 5.200 rpm dan 174 N · m (128 £ · ft) pada 4.800 rpm.
Bagi Brasil, mesin ini dilengkapi dengan Tiida dan rentang Livina, dengan Flex-bahan bakar kemampuan.
- M9R
Ketika diluncurkan pada tahun 2006, pengumuman pers menyatakan bahwa "memberikan efisiensi tertinggi di kelasnya".
Ini tersedia dalam 150 hp (112 kW) versi di Nissan Qashqai, Nissan X-Trail, Renault Mégane, Renault Koleos dan Renault Laguna, dan di 175 hp (130 kW) versi dengan particulate filter di Renault Laguna dan Nissan X-Trail .
The 150 hp (112 kW) versi menyediakan salah satu efisiensi tertinggi di segmennya. Daya maksimum dicapai pada 4.000 rpm dan torsi 340 N · m (250 £ · ft) pada 2.000 rpm. The 175 hp (130 kW) versi juga menjadi (per 2006) patokan di kelas 2.0 liter diesel mobil keluarga. Ini adalah model hanya menawarkan mesin dengan seperti output daya tertentu. Daya maksimum dicapai pada 3.750 rpm dan torsi 360 N · m (266 £ · ft) tersedia dari 1.750 rpm. Misalnya, Renault Laguna mencapai 100 km / jam (62 mph) dalam 8,4 detik.
Pengendalian tingkat kebisingan adalah prioritas selama desain mesin ini. Desain bagian bawah, dengan bantalan tangga aluminium, memungkinkan penyerapan yang lebih baik dari getaran. Mesin 2,0 DCI di semua versi yang sesuai dengan standar Euro 4 untuk emisi gas buang. Injeksi bahan bakar tepat terkontrol, dan berbagai sistem yang memungkinkan emisi harus dikurangi pada sumbernya, mengakibatkan pengurangan penting dari emisi polusi (NOx, CO, hidrokarbon dan partikulat). The 150 hp (112 kW) New Mégane dan New Laguna masing memancarkan 144 g / km dan 154 versi g / km CO2 dan 175 hp (127 kW) New Laguna 2,0 DCI memancarkan 159 g / km CO2 dan mereka semua memenuhi dengan 5 standar Euro untuk emisi gas buang.
PENGHARGAAN
Wartawan otomotif cenderung memuji fitur seperti kinerja Livina itu, penanganan, dan pengereman. Kritik cenderung diarahkan pada kelas suspensi, ergonomi kabin dan efisiensi bahan bakar.
- Car of The Year Auto Bild Indonesia Penghargaan Majalah 2007
- Media Terbaik MPV Majalah Top Gear Choice Award (TGCA) 2008
- Compact MPV Terbaik Auto Bild Award 2008 Majalah
- Small MPV terbaik monocoque Majalah Mobil Motor Indonesia Car of The Year (ICOTY) 2008
- Model terbaik dari Frost & Sullivan Tahun Otomotif Awards 2008
- Bahan Bakar Terbaik Efisien Mobil Motor Majalah Indonesia Car of The Year (ICOTY) 2009
- Best Value For Money MPV di Malaysia
- Pembaca Choice Award Autocar Magazine
- Best Value Indonesia International Motor Show 2007
- Small MPV terbaik Mobil Motor Majalah Indonesia Car of The Year (ICOTY) 2007
- Compact MPV Terbaik Majalah Mobil Motor Indonesia Car of The Year (ICOTY) 2007
- Compact MPV Terbaik Auto Bild Award 2007 Majalah
- Bahan Bakar Terbaik Konsumsi Auto Bild Indonesia Award 2007 Majalah
- Pembaca Choice Award Auto Bild Indonesia Majalah 2007
- Terbaik MPV / Station Wagon di Afrika Selatan
VIDEO
Tidak ada komentar:
Posting Komentar